MALAM RENUNGAN 30 NOVEMBER

Tiga Puluh November 2013, semua kalangan remaja berkumpul di depan Pendopo Kabupaten untuk memperingati malam puncak hari HIV-AIDS Sedunia, lantunan puisi yang indah membuat semua remaja tersebut merenungi malam.

Satu Desember, adalah hari dimana orang di dunia mempeingati hari HIV-AIDS. Begitu juga di Wonosobo tepatnya di Pendopo Kabupaten. Ini di selenggarakan oleh WYC atau Wonosobo Youth Center yang bekerja sama dengan Pemda seperti Rumah Sakit dan Puskesmas. Bukan hanya melakukan perayaan tapi juga mengadakan saresehan.

Sudah banyak masyarakat di Indonesia menderita penyakit ini, menurut Pak Jaelan selaku ketua WYC mencatat bahwa di Wonosobo tercatat sekitar tujuh puluhan kasus orang terkena HIV dan tiga puluh kasus orang Terkena AIDS.  “banyak orang terkena HIV dan AIDS di wonosobo karena faktor seksual, persalinan, bahkan pekerja seperti buruh-buruh di wonosobo” ujarnya di acara saresehan malam renungan peringatan hari HIV-AIDS sedunia.

“siapapun beresiko tertular HIV jika Kita berganti pasangan seksual, menggunakan jarum suntuik secara bergantian, dan HIV dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi HIV kepada bayinya melalui persalinan dan saat menyusui.” Ujar salah satu panitia WYC. Malam renungan ini bertujuan untuk semua orang dapat mengingat dan selalu ingat bahwa  ODA (Orang dengan HIV-AIDS)  tidak sendiri, tidak dijauhkan karena penyakit ini juga tidak menular jika kita bersentuhan tangan atau bergaul dengan ODA.  “intinya jangan jauhkan ODA, beri semangat  dia dan motifasikan dia. ” ujar panitia.

“biasanya malam renungan diadakan sebelum hari perayaan, besok Satu Desember kita adakan perayaan hari HIV-AIDS di alun alun kota Wonosobo. Ini bertujuan untuk menyatukan ODA dengan masyarakat agar kita itu menyatu.” Ujar Pak Sukio salah satu penitia WYC.

  BY : Erama, Shidqi, Diva, Catur, Dita, Ella
30/11/13/21.43

Komentar

Postingan Populer